1 / 2

2017 PLN Ekspor Listrik ke Malaysia Pakai Kabel Bawah Laut

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan mengekspor listrik ke Malaysia tahun 2017. Rencananya listrik yang akan diekspor ke Malaysia dengan daya 600 megawatt (MW).

2017 PLN Ekspor Listrik ke Malaysia Pakai Kabel Bawah LautDirektur Utama PLN Nur Pamudji menjelaskan listrik yang akan diekspor ke Malaysia berasal dari pembangkit listrik yang akan dibangun di Sumatera Utara. Rencananya aliran listrik tersebut menggunakan kabel bawah laut sepanjang 60 kilometer.

“PLN akan hubungkan Dumai dengan Kota Malaka dengan kabel bawah laut,” ujar Nur Pamudji di kantor pusat PLN, Jumat (22/11/2013).

Nur menjelaskan pembangkit listrik dari Riau juga akan diekspor ke Semenanjung Malaka. Rencana untuk ekspor listrik ke Malaysia tersebut masih dalam tahap proses desain, karena melibatkan tiga instansi terkait.

“Jadi PLN bekerjasama dengan PT Tambang Batubara Bukit Asam, dan Tenaga Nasional Berhad (TNB/perusahaan listrik Malaysia) membangun pembangkit listrik dan kabel bawah laut,” ungkap Nur.

Untuk investasi membangun pembangkit listrik 1.500 mw dibutuhkan 1,5 juta dollar AS per MW.

“Pembagian anggarannya beda-beda, ada yang lebih besar dan kecil,” jelas Nur.

Comments